SEO Tools terbaik untuk Analisa Keyword – Siapa yang beranggapan SEO itu mudah, cukup dengan memasukan kata kunci pada konten, kemudian Google akan mengindeks konten kamu. Lalu tinggal menunggu waktu sampai konten kamu menepati ranking teratas pada Google. Pokoknya mudah lah SEO itu, halo kalau seperti itu sudah banyak pengusaha yang sukses dalam bidang SEO. Nyatanya SEO tidak semudah itu ya kawan, membutuhkan sedemikian proses hingga dapat menduduki peringkat pertama pada Google.

SEO Tools terbaik untuk Analisa Keyword

Kalau mengenai belajar mengenai SEO itu mudah jelas saya sepakat. Pada prinsipnya memang benar, kamu hanya perlu menargetkan kata kunci pencarian yang tepat untuk bisa menempati posisi teratas pada Google.

Namun bukan berarti praktik SEO itu mudah. Dalam SEO terdapat banyak riset dan analisis yang penting untuk dilakukan. Apalagi terkait dengan kata kunci, kata kunci itu ibaratkan rumah atau pondasi. Kalau dari pondasi nya saja sudah salah, pastinya bangunan nya akan mudah ancur bukan.

Jadi jangan salah banyak perusahaan yang rela berinvestasi tinggi akan SEO tools. Kita dapat mengambil contoh saja Ahrefs, platform analisis SEO yang satu ini mematok harga yang cukup tinggi. Untuk fitur yang paling rendah dari Ahrefs saja Anda perlu merogok kocek sebesar $99 atau setara dengan Rp 1,5 juta perbulanya. Sedangkan untuk fitur yang termahal nya Anda harus mengeluarkan uang sebanyak Rp 15 juta sebulan.

Untungnya saat ini Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukan riset kata kunci. Saat ini sudah banyak SEO tools gratis yang tersedia di Internet. Melalui SEO tools ini sama saja Anda memiliki kesempatan untuk bisa bersaing dan merajai hasil pencarian pada Google.

Pada kesempatan kali ini kami ingin menjawab semua pertanyaan Anda semua mengenai tools SEO. Kami akan membagikan kepada Anda semua beberapa SEO tools yang baik untuk Anda coba menurut versi kami, diantaranya.

  1. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner merupakan bagian dari platform iklan yang dimiliki oleh Google. Layanan ini sebenarnya digunakan untuk mencari dan menganalisis kata kunci yang tepat untuk iklan. Namun pada praktiknya, keyword planner juga dapat Anda gunakan sebagai SEO tools.

SEO Tools terbaik untuk Analisa Keyword

Terdapat dua alasan mengapa platform ini menjadi keyword tool gratis favorit banyak orang. Pertama, sebab tools ini dimiliki langsung oleh Google. Sebagai platform Google, keyword planner memiliki akses data keyword pencarian yang sangat lengkap. Point ini saja sudah sangat menambah tingkat akurasi dari riset keyword.

Kedua, Google Keyword Planner ini dibuat khusus untuk pengguna bisnis. Dengan peruntukannya yang spesifik, Anda dapat mendapatkan insight yang mendukung conversion rate untuk bisa naik. Insight semacam ini akan sangat berguna sekali untuk Anda yang ingin menerapkan strategi content marketing untuk bisnis.

2. Ubersuggest

Ubersuggest masuk ke dalam jajaran SEO tools gratis terbaik yang tidak boleh Anda lupakan. Untuk ukuran keyword tools gratis, ubersuggest menawarkan berbagai macam fitur yang sangat lengkap bagi kami. Mulai dari Overview performa domain, laporan efektivitas SEO per halaman, rekomendasi keyword, ide konten, dan pastinya data backlink yang tidak kalah penting.

SEO Tools terbaik untuk Analisa Keyword

Disamping semua fitur yang ditawarkan, Ubersuggest juga memiliki user interface yang sangat ramah dan intuitif. Untuk memahami tools ini kami pastikan Anda tidak akan butuh waktu lama untuk mengerti. Sebab Ubersuggest juga memberikan kemudahan kepada penggunanya dalam mengakses segala tools yang ada di dalamnya.

  1. Keywordtool.io

Untuk Anda yang sedang mencari long tail keyword untuk SEO, tak salah jika Anda mengunjungi tools yang satu ini. Platform ini menawarkan berbagai macam cara dalam mencari rekomendasi keyword yang cukup panjang. Sudah menjadi rahasia umum juga dalam meningkatkan trafik dari SEO, dibutuhkan target long tail keyword yang tepat. Kata kunci seperti ini memudahkan Anda dalam mendapatkan ranking tertinggi pada mesin pencari Google karena persaingan nya yang begitu rendah.

Lebih baiknya lagi, keyword tools ini tidak hanya menyediakan platform pencarian kata kunci pada Google saja. Tools ini juga menyediakan opsi riset kata kunci untuk tujuh medium lainnya. Mulai dari YouTube, Blog, Amazon, eBay, PlayStore, Instagram, dan Twitter.

SEO Tools terbaik untuk Analisa Keyword

Selain menyediakan berbagai macam opsi medium, keyword tools ini juga tak lupa untuk menyediakan opsi lokasi dan Bahasa. Pilihan Bahasa untuk sebuah negara pun tidak hanya sebatas satu saja. Kita dapat mengambil contoh Indonesia yang dimana opsi bahasanya juga mencakup bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Jawa, bahasa Bali.

Dibandingkan SEO tools gratis lainnya, Keyword Tool juga bisa diandalkan. Ini karena 99,99% layanannya selalu bisa digunakan. Tak heran juga, karena platform satu ini memang begitu ringan dan cepat untuk digunakan.

  1. WordStream

WordStream membantu para marketer di seluruh dunia untuk paham menjalankan online marketing. Platform ini menyediakan software khusus untuk para marketer di berbagai medium. Yang termasuk di dalamnya yaitu software untuk bisnis skala kecil dan menengah, agency, dan e-commerce.

SEO Tools terbaik untuk Analisa Keyword

Secara umum prinsip kerja dai WordStream ini sama saja dengan SEO tools lainnya. Anda wajib memasukan kata kunci atau URL pada kolom yang tersedia. Bisa juga menambahkan industri dan cakupan negara yang ingin dituju pada kolom sebelah kanan.

Tidak butuh waktu yang lama, WordStream akan menampilkan beberapa rekomendasi kata kunci beserta search volumenya. Namun sayangnya, data berisi tingkat persaingan keyword, harga iklan CPC, dan Opportunity score hanya akan diperlihatkan ketika Anda sudah membuka langganan pada Platform tersebut, jadi jika Anda tidak berlangganan ke premium fitur yang diberikan akan terbatas.

  1. KWFinder

Bagi KWFinder, SEO bukanlah rocket science, kami pun sepakat akan hal itu. Anda tidak perlu menjadi ahli untuk tahu bagaimana SEO itu bekerja. Begitu juga dengan bagaimana sebuah Website bisa menempati posisi atas mesin pencari.

SEO Tools terbaik untuk Analisa Keyword

Kalau soal fitur dan cara kerja, KWFinder sebenarnya sama saja dengan SEO tools lainnya. Anda hanya perlu memasukan kata kunci target atau domain, lokasi target, dan Bahasa. Secara otomatis, KWFinder akan memproses kata kunci tersebut. Hasilnya Anda akan dibawa ke halaman dengan dua pembagian kolom utama.

Di kolom sebelah kiri, terdapat daftar rekomendasi keywords. Untuk setiap rekomendasi, Anda bisa mengintip tren pemakaian keyword dalam 12 bulan terakhir, volume pencarian, rate CPC dan PPC, serta tingkat kesulitan keyword secara SEO. Di kolom ini juga, Anda bisa menentukan satu di antara tiga jenis keyword: related keywords, autocomplete, dan questions.

Baru di sebelah kanan, Anda bisa melihat performa SERP kata kunci yang dimaksud. Website yang menempati ranking teratas akan dianalisis angka domain authority, page authority, citation flow, trust flows, backlink, social shares di Facebook, link profile strength, dan estimasi pengunjung per bulan.

Bagaimana sudah mempunyai pilihan untuk menggunakan SEO tools apa? Pastikan Anda memahami terlebih dahulu mengenai kata kunci sebelum menentukan kata kunci apa yang akan Anda gunakan. Perlu Anda pahami semua SEO tools diatas sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing, jadi Anda dapat menyesuaikan nya dengan kebutuhan Anda.

Call
Whatsapp