Arti Nofollow Links dalam SEO – Profile link yang terdapat pada situs web milik Anda tergolong elemen penting dari ekologi mengoptimalkan mesin pencari SEO. Penting untuk Anda mengetahui agar situs yang Anda miliki dapat ditautkan dengan mudah dari situs eksternal lainnya. Salah satu aspek terpenting dari profile link situs web yang sering kali diabaikan adalah nofollow links.

Arti Nofollow Links dalam SEO

Profile link Anda menjadi sangat berarti bagi bisnis Online Anda ke depannya. Profile link yang solid dapat meningkatkan kualitas tampilan dari halaman web Anda, meningkatkan peringkat pencarian dari situs Anda, hingga pada akhirnya menumbuhkan lebih banyak otoritas domain pada situs web Anda. Nofollow Link itu sendiri memainkan peran penting dalam membangun profile link yang kuat untuk situs web perusahaan Anda.

Google memperkenalkan opsi rel = “nofollow” pada tahun 2005 bagi blogger yang sedang berjuang bersaing dengan orang – orang yang menggunakan spam komentar untuk mencoba membangun tautan dengan harapan mendapatkan peringkat pencarian dengan menggunakan kata kunci tertentu.

Atribut nofollow memberitahu mesin pencari untuk tidak mengikuti link keluar yang diberi tag tersebut. Pada dasarnya tag nofollow mengatakan bahwa situs web Anda tidak mendukung link tersebut.

Arti Nofollow Links dalam SEO

Nofollow link merupakan link yang mengandung tag HTML rel = “nofollow”. Tag nofollow memberitahu kepada mesin pencari untuk mengabaikan sebuah link yang Anda tidak ingin sertakan. Dengan penggunaan nofollow links tidak akan lolos page rank, kemungkinan besar link yang sudah Anda tanamkan tidak akan memberikan pengaruh besar dalam menentukan peringkat pada mesin pencari Google.

“Tag nofollow pada dasarnya adalah tanda pemberitahuan kepada mesin pencari untuk tidak mengikuti link terkait”.

Manfaat dari Nofollow Links

Pada tahun 2005, Google meluncurkan tag nofollow sebagai tanggapan atas spam komentar blog yang sangat banyak di internet pada saat itu. Pemilik situs web atau blog menyadari akan hal itu, dengan memasukan link pada komentar dapat meningkatkan performa dari SEO mereka, sehingga banyak perusahaan yang melakukan spam komentar agar mendapatkan link yang banyak untuk website perusahaan mereka. Maka dari itu tag nofollow hadir untuk mencegah itu semua terjadi lagi.

Nofollow link dapat mencegah komentar spam dan tautan yang tidak diinginkan sehingga bisa menghambat kesuksesan SEO situs Anda. SEO adalah bagian penting dari pemasaran digital modern. Jika merek Anda tidak muncul di hasil penelusuran teratas untuk istilah penelusuran yang berkaitan dengan industri, produk, layanan, dan konten Anda, maka Anda tidak dapat bersaing di antara pasar yang kompetitif. Link yang tidak diinginkan dapat dengan cepat dan mudah mengurangi performa SEO Anda serta menggeser konten Anda semakin jauh ke peringkat bawah.

Tanpa kalian sadari nofollow link secara inheren memperluas otoritas domain Anda, meningkatkan kesadaran merek, dan mengarahkan trafik yang banyak ke situs web yang Anda miliki. Mereka juga membantu menormalkan profit dari link Anda, jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai spam atau link yang mencurigakan masuk dan merusak peringkat pencarian Anda. Hingga pada akhirnya penggunaan nofollow link yang bijak menjadi salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan demi meningkatkan performa SEO situs Anda secara organik.

Bagaimana sudah mengerti bukan apa itu Nofollow links dalam SEO. Sekarang tinggal Anda mendalami lagi apa itu SEO dan mempraktekkan nya secara langsung. Semoga informasi diatas dapat membantu Anda dalam menjalankan strategi SEO, mungkin nanti kami akan menjelaskan lebih mendalam lagi mengenai nofollow link atau dofollow link, semoga membantu.